Berbagi Informasi, Belajar Bersama, dan Advokasi

Pengawalan Isbat Nikah Lombok Tengah 2015

Sejak tahun 2013  beberapa pendamping masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah mulai melakukan pendataan terhadap warga yang tidak memiliki buku nikah dan akta kelahiran. Dari data yang dikumpulkan sampai saat ini, tercatat sebanyak 7.500 pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.000 pasangan merupakan hasil pendataan dari Jaringan Perempuan Usaha Kecil  (Jarpuk) “Rindang” Lombok Tengah, 2.000 pasangan lainnya didata oleh Jaringan Masyarakat Sipil (JMS) Lombok, serta 1. 500 pasangan hasil pendataan oleh Perkumpulan Panca Karsa (PPK).

Jarpuk “Rindang” Lombok Tengah, JMS Lombok dan Perkumpulan Panca Karsa menginisiasi dan melakukan advokasi agar Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah  dapat membiayai  pelaksanaan isbat nikah tahun 2015.

Setelah melakukan berbagai dialog dan diskusi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah, terjadi kesepakatan bersama untuk mengadakan isbat nikah pada tahun 2015.

DPRD Kabupaten Lombok Tengah dan Pemda Lombok Tengah memasukan kegiatan isbat nikah di dalam APBD Perubahan tahun 2015 dan APBD Murni di Tahun 2016.

Untuk tahun 2015 dianggarkan dalam APBD Perubahan sebesar Rp. 300.000.000 (Tiga Ratus Juta Rupiah) yang ditargetkan kepada 700 pasangan di ke-12 kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah.

Jarpuk “Rindang” Lombok Tengah,  JMS Lombok, serta Perkumpulan Panca Karsa membentuk Konsorium Pelaksana Isbat Nikah Lombok Tengah 2015, yang berperan sebagai satu pintu pengajuan Isbat Nikah. Peran dan tanggung jawab masing-masing anggota Konsorsium dijelaskan di tabel berikut.

Lembaga Peran Wilayah
Jarpuk “Rindang” Lombok Tengah Koordinator Pelaksana, koordinasi dan komunikasi dengan Bappeda, Pengadilan Agama, Dukcapil dan Kanwil Agama, verifikasi data Informasi menyusul
Perkumpulan Panca Karsa Penyedia data utama, verifikasi data Informasi menyusul
JMS Lombok Koordinasi dan komunikasi dengan DPRD Lombok Tengah, Pengadilan Agama, Dukcapil dan Kanwil Agama, verifikasi data Desa Tanak Awu

Saat ini, Konsorsium ini sedang memastikan turunnya dana Isbat Nikah Lombok Tengah Tahun 2015. Pelaksanaan akan segera dilakukan setelah dana dicairkan, yang diperkirakan pada bulan September 2015.