OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Banyaknya pengaduan (2.000)  yang diterima oleh JMS Lombok karena pasangan suami istri yang telah menikah namun tidak memiliki Buku Nikah, disikapi dengan cara menyampaikan situasi tersebut kepada Komisi IV DPRD Kabupaten Lombok Tengah,  26 Juli 2015.  JMS Lombok tidak melakukan sendiri namun bersama-sama dengan JARPPUK “Rindang” dan Perkumpulan Panca Karsa (PPK).  Dari  ketiga lembaga tersebut, terdata sebanyak 7.500 pasangan yang tidak memiliki Buku Nikah di Kabupaten Lombok Tengah.

Menyadari dampak yang dapat ditimbulkan karena tidak dimilikinya Buku Nikah, maka Komisi IV DPRD Kabupaten Lombok Tengah menganggarkan dalam APBD-P tahun 2015 sebanyak Rp. 300.000.000,- (Tiga Ratus Juta Rupiah) untuk Isbat Nikah. Untuk pelaksana dari penerima dana hibah APBD-P tersebut, maka ketiga lembaga Organisasi Masyarakat Sipil tersebut membentuk konsorsium dan menyepakati JARPPUK “Rindang” untuk menjadi Lembaga Payung.

Dana hibah yang diterima  selain diperuntukkan untuk biaya pelaksanaan Isbat Nikah maka juga dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang memberikan edukasi kepada masyarakat. Tujuannya adalah agar masyarakat mendapatkan informasi dan memahami pentingnya Buku Nikah , cara atau langkah-langkah  untuk mengurus isbat nikah. Sehingga dikemudian hari, siapa pun (Desa, OMS, Instansi Pemerintah atau Individu)  dapat  mengurus isbat nikah secara mandiri baik yang  dilakukan secara kolektif maupun individu.

Tanggal 6 Oktober 2015, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan  JARPPUK “Rindang” menandatangani MOU,dan pada tanggal 7 November 2015  Dana Hibah diterima. Kemudian pada tanggal 19 November 2015, Pengadilan Agama Praya mengundang untuk melaksanakan Rapat yang bertempat di Ruang Ketua Pengadilan Agama. Dalam Rapat tersebut selain dihadiri oleh jajaran Pengadilan Agama Praya, JARPPUK “Rindang”, JMS Lombok maka dihadiri juga perwakilan KUA, Dinas Dukcapil, Bagian Kesra Kab.Loteng, Kepala Desa dan kontak persone warga di desa. Dalam rapat tersebut maka Konsorsium Isbat Nikah (JARPPUK “Rindang”, JMS Lombok dan PPK) menyampaikan data-data desa dan jumlah pasangan serta kegiatan yang akan dilaksanakan untuk Isbat Nikah tahun 2015 di Kabupaten Lombok Tengah, yaitu 933 pasangan.

Desa-desa dan jumlah pasangan  yang akan di isbat nikah  yaitu :

 No Nama

Kecamatan               Nama Desa                  Jumlah Pasangan

1 Praya Tengah            Batu Nyala                           71
2 Praya                           Mekar Damai                     134
3 Praya                           Semayan                               99
4 Praya Timur               Ganti                                   200
5 Batukliang                  Selebung                               60
6 Pujut                            Tanaq Awu                          151
7 Jonggat                       Pengenjek                             66
8 Kopang                        Darmaji                                45
9 Janapria                      Bakan                                    30
10 Pringgarata                 Bilebante                              30
11 Praya Barat Daya      Ungge                                    47
                            Jumlah                                    933

Selain proses pelaksanaan isbat nikah maka terdapat beberapa rangkaian kegiatan sebagai proses edukasi dan sosialisasi yaitu penyuluhan di 11 desa dan pembuatan lembar khotbah jum’at. Pada kedua kegiatan ini akan melibatkan juga Pengadilan Agama Praya, Kemenag/KUA dan Dukcapil. Jadwal pelaksanaan penyuluhan akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan masing-masing desa.