Berbagi Informasi, Belajar Bersama, dan Advokasi

JMS Lombok Mendampingi Desa Badrain dalam Pengelolaan Sistem Informasi Desa

Jaringan Masyarakat Sipil (JMS) Lombok berkomitmen untuk terus mendampingi desa-desa yang telah mengikuti Sekolah Manajemen Informasi Desa di Kantor JMS Lombok, khususnya mengenai pengelolaan aplikasi SID. Hal ini bertujuan untuk memastikan penerapan Sistem Informasi Desa (SID) dikelola secara berkala oleh desa yang telah dilatih mengenai cara pengelolaan aplikasi SID. Dengan demikian, supaya desa dapat memberikan pelayanan yang mudah dan cepat terhadap masyarakatnya untuk menuju desa yang maju dan mandiri.

Pada hari Jum’at tanggal 16 September 2016, JMS Lombok hadir bersama relawan ahli IT dari Australia, melakukan pengecekan sekaligus pendampingan terhadap perkembangan pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID) offline di Desa Badrain yang dikerjakan oleh staf desa Ardi Sibawai. Ia merupakan salah satu peserta pada Sekolah Manajemen Informasi Desa tahap pertama yang diselenggarakan oleh JMS Lombok di bulan Agustus 2016.

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses mempersiapkan pengelolaan SID dari yang offline menuju pemasangan SID yang online oleh desa. Beberapa hal yang dicek diantaranya yaitu mengenai hasil inport data kependudukan yang bersumber dari Dinas Dukcapil Lombok Barat sebagai data awal, megupdate aplikasi SID offline, kesiapan perangkat keras untuk dijadikan induk/pusat penginstalan software SID, perangkat Wifi Router untuk pemasangan jaringan lokal sebagai penghubung antara komputer induk dengan komputer-komputer lain, pemasangan jaringan internet supaya SID online dapat diterapkan di desa.

Berdasarkan hasil pengecekan ini, JMS Lombok menilai bahwa Desa Badrain kiranya perlu beberapa langkah lagi untuk menuju pemasangan aplikasi SID online. Langkah yang dimaksud yakni menyiapkan perangkat Wifi Router dan pemasangan jaringan internet. Sementara kebutuhan lain seperti data kependudukan, perangkat keras dan lain sebagainya, dapat dipastikan Desa Badrain sudah memenuhi syarat.

Dengan kondisi kesiapan tersebut, Pemerintah Desa Badrain dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ardi Sibawai sebagai Kaur Pembangunan Desa Badrain mengatakan “kami akan berusaha secepat mungkin untuk melengkapi beberapa kebutuhan yang masih kurang. Ia berharap beberapa bulan kedepan, aplikasi SID online dapat diterapkan di desanya supaya peran dan fungsi dari Sistem Informasi Desa dapat memberikan sumbangsih yang besar terhadap pembangunan Desa Badrain.” Terangnya.