Senin 29 Januari 2018, Pemerintah Lombok Barat dan Jaringan Masyarakat Sipil (JMS) Lombok melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) melalui aplikasi OpenSID di desa-desa se-Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan yang diselenggarakan di Puskesmas Suranadi Kecamatan Narmada ini, melibatkan semua stakeholder yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

Poin penting yang tertuang dalam MoU antara JMS Lombok dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat adalah adanya komitmen bersama untuk mengembangkan aplikasi OpenSID di desa se-Kabupaten Lombok Barat. Aplikasi ini nantinya dapat digunakan sebagai basis perencanaan dan pelayanan pembangunan di desa menjadi lebih efektif dan efisien.

“Aplikasi OpenSID ini nantinya akan mempermudah perencanaan pembangunan dan pelayanan administrasi bagi pemerintah desa. Selain mempermudah Pemdes, masyarakat juga dapat dengan mudah mengakses informasi perencanaan dan pembangunan di desa,” ungkap Rayen sapaan dari Ilham menjabarkan kegunaan aplikasi tersebut.

Penandatangan MoU dilakukan oleh H. Fauzan Khalid, S.Ag., M.Si selaku Kepala Daerah Kabupaten Lombok Barat dan Ilham, S.Pd selaku Koordinator Program Penerapan dan Pengembangan OpenSID Jaringan Masyarakat Sipil Lombok. Komitmen Pemda Lobar ini sejalan dengan mandat UU No. 6 tahun 2014 pasal 86 ayat 2 bahwa “Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi desa dan kawasan perdesaan.”