Berbagi Informasi, Belajar Bersama, dan Advokasi

JMS Lombok Donasikan HP Cerdas ke Community Center

Ponsel cerdas (iPhone or Android) akan sangat membantu Kelompok Belajar Warga (Community Center) untuk menyampaikan pengaduan tentang persoalan pelayanan publik di desa berbasis teknologi. Beberapa kegiatan utama CC adalah menampung pengaduan dari masyarakat, mendampingi warga, terutama warga miskin, untuk menangani keluhan dalam mengakses layanan publik.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, selama ini JMS Lombok banyak melakukan advokasi bersama CC di desa dan kabupaten mengenai pemenuhan hak-hak warga atas pelayanan publik. Namun terdapat kendala yang dialami oleh CC, seperti pengaduan yang disampaikan masih bersifat manual dengan data dan informasi seadanya. Hal ini berpengaruh terhadap kualitas informasi yang dianggap kurang valid, sehingga harapan perbaikan layanan publik kandas di tengah jalan.

Kendala itu mengharuskan JMS Lombok berinisiatif mencari para dermawan yang mau mendonasikan HP Android Second melalui website resmi JMS Lombok. Hasilnya-pun mendapat donasi HP Cerdas yang diberikan oleh seorang dermawan dari Australia. Kemudian pada hari Sabtu 3 Februari 2018, JMS Lombok dalam hal ini diwakili oleh Ilham memberikan Hp Cerdas tersebut kepada Inaq Suk CC Desa Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat.

Dengan ponsel cerdas ini, harapannya CC di desa akan bisa mengambil foto dan video sebagai dokumentasi bukti pengaduan serta kegiatan lainnya, CC juga dapat mengakses informasi online yang semakin dibutuhkan setiap saat, berkomunikasi antar anggota JMS Lombok, mitra dan pemangku kepentingan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *