Bersama Kabid Pelayanan Kec. Lingsar, Perangkat Desa, Lembaga Desa dan Staff JMS Lombok di Acara Pembukaan Pelatihan OpenSID. (jmslombok.or.id/Bur)

Lobar  JMS Lombok bersama 3 Desa di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat menyelenggarakan pelatihan tentang Penerapan aplikasi OpenSID sebagai media Sistem Informasi Desa (SID) berbasis IT. Desa-desa yang mengikuti pelatihan tersebut, yakni Desa Saribaye, Desa Peteluan Indah dan Desa Gontoran.

Secara bersamaan, pelatihan penerapan aplikasi OpenSID dibuka secara resmi di Aula Kantor Desa Peteluan Indah pada hari Senin 30 April 2018 oleh Bapak Alwan Jayadi Ningrat Kades Peteluan Indah yang telah dimandatkan untuk mewakili seluruh Kades yang mengikuti pelatihan. Pembukaan dihadiri oleh berbagai unsur dan tokoh masyarakat, seperti Pemerintah Kecamatan Lingsar, Staff JMS Lombok, perangkat desa dan anggota BPD.

Dengan adanya pelatihan ini, harapannya staff desa dapat menambah kemampuan dalam menerapkan aplikasi OpenSID yang nantinya dapat dikelola secara offline dan online, baik untuk mengelola database kependudukan, pelayanan administrasi maupun informasi pembangunan desa.

Sementara, pelatihannya akan dibimbing langsung oleh JMS Lombok secara berkala selama 1 bulan. Ini sebagai upaya untuk melahirkan tenaga pengelola OpenSID di desa yang benar-benar profesional agar menuju desa yang mandiri, maju dan sejahtera.

Pemaparan Peran dan Fungsi aplikasi OpenSID oleh Staff JMS Lombok di hadapan peserta pelatihan. (jmslombok.or.id/Rayen)