Team JMS Lombok Distribusi Bantuan di Sembalun Lombok Timur

Minggu pagi pada tanggal 29 Juli 2018 gempa bumi berkekuatan 6.4 SR mengguncang Pulau Lombok yang menelan banyak korban jiwa dengan wilayah terparah berada di Kecamatan Sembalun dan Kecamatan Sambalia Kabupaten Lombok Timur.

Sebagai NGO yang bergerak di bidang advokasi dan pelayanan masyarakat, JMS Lombok mengemban tanggungjawab untuk membantu sesama manusia sebagai wujud kepedulian dan pelayanan kepada masyarakat. Maka pada tanggal 30 Juli 2018, Team reaksi cepat JMS Lombok menggalang dana untuk membantu korban gempa yang berada di Lombok Timur dan berhasil menghimpun dana sekitar Rp. 10.000.000. Kemudian pada tanggal 3 Agustus 2018, Team Reaksi Cepat JMS Lombok berangkat membawa bantuan ke salah satu posko pengungsian warga di Desa Sajang. Dan Posko inilah yang dijadikan sebagai salah satu pos utama untuk menyalurkan bantuan ke desa-desa lain di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.

Duka masyarakat Lombok atas gempa 6,8 SR belum juga dapat dipulihkan, kemudian pada tanggal 5 Agustus 2018 Pulau Lombok kembali di guncang dengan gempa berkekuatan 7 SR yang meluluhlantahkan Kabupaten Lombok Utara  dan Kabuputen Lombok Barat bagian utara. Hampir 90% bangunan  rumah rusak dan menelan lebih dari 350 jiwa serta ribuan orang luka-luka. Atas kondisi itu, Team Reaksi Cepat JMS Lombok langsung bergerak cepat menggalang bantuan dana dan berkoordinasi dengan berbagai lembaga maupun perorangan dan berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp. 20.000.000.

Team JMS Lombok distribusi bantuan di Desa Dangiang KLU

Donasi yang dikumpulkan tersebut, team reaksi cepat JMS Lombok kemudian langsung membeli kebutuhan korban gempa berupa sembako, terpal, pakaian layak pakai, air minum, perlengkapan ibu dan bayi serta obat-obatan. Lalu pada tanggal 7 Agustus 2018, team ini mendistribukan ke tiga Desa di Kabupaten Lombok Utara yaitu di Desa Sukadana Kecamatan Bayan, Desa Dangiang Kecamatan Kayangan dan Desa Pemenang Kecamatan Pemenang.

Selain di KLU, team rekasi cepat JMS Lombok juga mendistribusikan bantuan di dua Kecamatan di Kabupaten Lombok Barat sebagai wilayah yang paling parah, antara lain: 1) Kecamatan Gunungsari, terdiri dari Desa Jeringo, Desa Dopang, Desa Gelangsar, Desa Penimbung, Desa Taman Sari, Desa Kekeri. 2) Kecamatan Batulayar, yaitu Desa Bengkaung, Desa Sandik, Desa Kekait, Desa Batulayar, Desa Batulayar Barat, Desa Senteluk dan Desa Senggigi.

Team JMS Lombok distribusi bantuan ke Korban Gempa di Desa Sandik

Team Reaksi Cepat JMS Lombok dan korban gempa (Community Center Desa Sandik)

Bencana Gempa Lombok tidak hanya menelan korban jiwa dan memprorak-porandakan rumah warga, tapi warga yang masih selamat harus mengungsikan diri bersama keluarga dan anak-anak mereka dalam keadaan kelaparan, kedinginan, sakit-sakitan dan trauma, terutama anak-anak.

Team JMS Lombok berdiskusi dengan korban gempa yang mengungsi di Desa Dopang

Untuk memulihkan psikologis anak-anak dari trauma, maka JMS Lombok berinisiatif mengadakan kegiatan Trauma Healing kepada anak-anak korban bencana gempa untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak serta mengobati sedikit demi sedikit memori buruk tentang bencana gempa bumi.

Trauma Healing – Team JMS Lombok bermain dengan anak anak korban gempa