Berbagi Informasi, Belajar Bersama, dan Advokasi

Bidang Fokus

Pendidikan

Dalam bidang pendidikan JMS Lombok fokus pada memastikan pendidikan dapat diakses oleh semua warga sesuai amanat UUD 1945. Untuk itu beberapa kegiatan yang dilakukan oleh JMS Lombok dalam bidang pendidikan antara lain pengawalan anggaran pendidikan, monitoring penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pemantauan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB), memperkuat peran serta masyarakat dalam pendidikan, memperkuat fungsi dan peran Komite Sekolah dan optimalisasi pelayanan publik yang terkait dengan pendidikan.

Kesehatan

Bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang menjadi fokus perhatian JMS Lombok terutama pada aspek kebijkan. Bidang ini dianggap penting oleh JMS Lombok mengingat fakta masih banyak golongan warga yang hak dasarnya untuk memperoleh layanan kesehatan masih belum bisa terpenuhi khususnya di pulau Lombok. Banyak warga terutama yang tidak mampu secara ekonomi merasakan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah masih mahal dan prosedur pelayanannya berbelit-belit.

Atas upaya JMS Lombok mendorong perbaikan kebijakan bidang kesehatan, JMS Lombok telah berhasil membuat Nota Kesepahaman dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan penanganan keluhan di Kabupaten Lombok Barat.

Dokumen Kependudukan

Aspek utama yang menjadi fokus perhatian JMS Lombok dalam menjamin pemenuhan hak warga terhadap dokumen kependudukan adalah mendorong perbaikan pada aspek kebijakan yang berpihak pada warga terutama warga miskin.

Dalam memperjuangkan pemenuhan hak warga untuk memperoleh dokumen kependudukan (Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta Nikah, dan Akta Kelahiran Anak), JMS Lombok antara lain telah berhasil mendorong isbat nikah ribuan pasangan suami istri miskin yang ada di Lombok Barat.

Bantuan Sosial

Banyak program pemerintah yang sasaran penerimanya adalah warga miskin seperti program Beras untuk Warga Miskin (Raskin), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Rumah Kumuh, Jaminan Kesehatan dll. Bantuan yang seharusnya mampu memberi manfaat bagi warga miskin yang menerimanya, pada kenyataannya seringkali menjadi persoalan. Hal ini terjadi karena penerima tidak tepat sasaran, mekanisme program untuk warga miskin mengakses bantuan terbentur pada birokrasi yang berbelit-belit, informasi yang kurang akurat serta pengelolaan program yang tidak transparan. Untuk menanggapi keadaan ini, JMS Lombok melakukan audit sosial dan melakukan kajian-kajian terkait dengan program bantuan sosial pemerintah bagi warga miskin.