Berbagi Informasi, Belajar Bersama, dan Advokasi

Menampung Pengaduan

Dalam menjalankan misinya, salah satu mekanisme utama yang digunakan JMS Lombok adalah menampung pengaduan atau keluhan dari kelompok warga sasaran, dan kemudian mengangkat pengaduan tersebut sebagai ajakan untuk bertindak.

Kebanyakan kegiatan yang dilakukan JMS Lombok, seperti isbat nikah, berawal dari pengaduan warga yang ditampung oleh JMS Lombok.

Anggota JMS Lombok (seperti Community Centre, Forum Masyarakat, Kelompok Warga) langsung berada di tengah-tengah masyarakat, dan selalu peka dan terbuka terhadap isu atau masalah yang dihadapi warga, terutama warga miskin, dalam mengakses layanan publik.

Masalah yang tidak bisa diatasi sendiri oleh anggota JMS Lombok, akan diteruskan kepada JMS Lombok untuk didampingi dalam menelusuri permasalahan untuk mencari solusi yang mengedapankan kepentingan warga.

Dalam proses pendampingan, JMS Lombok antara lain melakukan:

  • verifikasi permasalahan,
  • dokumentasi pengaduan – mencatat siapa, di mana, kapan,
  • menyelidiki apakah masalahnya terbatas pada individu tertentu saja, atau lebih meluas,
  • menghubungi instansi-instansi terkait untuk menelusuri mengapa masalahnya sampai terjadi,
  • bekerja sama dengan anggota JMS Lombok, aparat desa dan instansi terkait lainnya, untuk mencari penanganan permasalahan yang mengutamakan kepentingan warga, dan
  • bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk menerapkan langkah-langkah yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah serupa di masa depan.

Proses menyampaikan pengaduan kepada JMS Lombok dapat dilihat di sini.