Berbagi Informasi, Belajar Bersama, dan Advokasi

Pengaduan

Adukan setiap penyimpangan kebijakan dan layanan publik yang anda ketahui. Pengaduan anda merupakan faktor penentu perbaikan kebijakan dan layanan publik di Nusa Tenggara Barat. Kami terbuka untuk menerima pengaduan anda, karena memang JMS Lombok menampung pengaduan warga sebagai mekanisme utama dalam menjalankan misi kami.

Sertakan dokumen-dokumen anda dan foto untuk mendukung pembuktian kasus yang akan diadukan.

Apabila anda berada di wilayah salah satu anggota JMS Lombok, hubungilah mereka untuk menyampaikan pengaduan anda. Selain itu, kami mempersilakan anda untuk menghubungi kami secara langsung.

 

Isi Pengaduan

 

Berikut ini beberapa contoh pengaduan yang kami terima:

  • Mantan peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (JamKesMas) tidak diterima sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) di BPJS Kesehatan, walaupun mereka termasuk golongan tidak mampu.
  • Anak kelahiran peserta BPJS Kesehatan tetap dipungut biaya atas kelahirannya, walaupun seharusnya tidak.
  • Adanya pungutan untuk siswa baru di SD dan SMP.
  • Adanya pungutan di luar ketentuan untuk sertifikasi tanah bagi warga miskin.
  • Adanya pernikahan di bawah umur yang berdampak pada tidak didapatkannya buku nikah.
  • Adanya warga yang sulit mendapatkan buku nikah.