Berbagi Informasi, Belajar Bersama, dan Advokasi

Program

Berbagi Informasi

Jaringan Masyarakat Sipil (JMS) Lombok merupakan tempat berkumpulnya berbagai organisasi masyarakat sipil di pulau Lombok. Salah satu peran dan fungsinya adalah sebagai pusat informasi bagi anggota jaringan ataupun masyarakat luas.

JMS Lombok fokus pada penyediaan dan pengelolaan informasi di bidang pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan dan program bantuan sosial pemerintah. Sumber informasi yang dikelola bersumber dari laporan hasil advokasi dan penelitian yang dilakukan oleh JMS Lombok. Selain itu JMS Lombok juga menyediakan dan mengelola informasi dari sumber lain yang relevan dengan visi-misi JMS Lombok.

Belajar Bersama

JMS Lombok secara rutin memberikan pendidikan-pendidikan dan pelatihan warga, serta melakukan diskusi-diskusi pada tingkat komunitas warga (Community Center) yang ada di desa. Pendidikan-pendidikan dan pelatihan-pelatihan serta materi diskusi yang dilakukan oleh JMS Lombok secara khusus fokus pada isu bidang pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan dan program bantuan sosial pemerintah.

Advokasi

Dalam melakukan pendampingan warga untuk pemenuhan hak konstitusionalnya, JMS Lombok memilih model yang lebih komunikatif seperti melakukan dialog bersama antara para pemangku kepentingan dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh negara selain menggunakan pendekatan lokal (local wisdom).

JMS Lombok dalam melakukan pendampingannya dimulai dengan proses pemetaan masalah, sosialisasi, memberikan pemahaman sampai pada penemuan solusi yang dilakukan secara bersama.

Penelitian

JMS Lombok melakukan penelitian pada isu kebijakan publik dengan fokus penelitian di bidang pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan dan program bantuan sosial pemerintah.

Penelitian kami berbentuk studi lapangan, kajian literatur, dan pengumpulan data dari berbagai sumber yang bisa dipercaya baik dari pihak penyelenggara negara atau dari kalangan masyarakat sipil.